MOHENJO DARO – HARAPPA : LEMBAH SUNGAI INDUS

17 Des

MOHENJO DARO – HARAPPA : LEMBAH SUNGAI INDUS

Mohenjo Daro dan Harappa pada dasarnya adalah nama kota yang berada di sepanjang sungai Indus yang sekarang berada di area Pakistan selatan dan India barat daya. Peradaban ini mulai berkembang sekitar 3000 – 1500 SM.

Pertama kali ditemukan oleh seorang bernama, Rakhaldas Bandyopadhyay pada tahun 1922 dari hasil informasi dari seorang biksu Budha setempat.

Kompleks reruntuhan kota Mohenjo Daro

Pada tahun 1930 mulai dilakukan penggalian melibatkan beberapa arkeolog seperti John Marshall ( Kepala Badan Survey Arkeologi India 1902-1928 ), KN Dikshit, dan Ernest Mackay. Bahkan mobil yang digunakan John Marshall masih diabadikan di museum Mohenjo Daro sebagai tanda perjuangan dan dedikasi mereka terhadap penemuan peradaban Indus ini.

Peninggalan yang dapat kita lihat dari peradaban Indus ini adalah sebuah jaringan jalan dan sitem drainase yang rumit sebagai mana layaknya kota modern.

Kota ini tidak memiliki istana, kuil maupun monumen sehingga tidak terlihat adanya struktur pemerintahan yang jelas dan

bukti adanya raja atau ratu. Karena tidak ada bukti raja atau ratu, Mohenjo Daro kemungkinan besar diatur sebagai kota-negara, mungkin dengan pejabat terpilih atau elit dari kelompok mereka sendiri

Ribuan peninggalan tanah liat menunjukkan bahwa orang-orang di Lembah Sungai Indus mengembangkan sistem penulisan yang mungkin lebih tua dari tulisan Sumeria. Arkeolog telah menggali sebagian kecil dari banyak kota dan pemukiman peradaban Lembah Indus, sehingga pemahaman kita tentang wilayah ini masih terus berkembang.

Arkeolog belum dapat menguraikan tulisan peradaban Lembah Sungai Indus, jadi bentuk pemerintahan, keyakinan agama, dan struktur sosial masyarakat mereka tetap menjadi misteri. Mungkin suatu hari kita bisa menguraikan tulisan mereka sehingga kita bisa mengetahui bagaimana kota kuno ini berkembang, bagaimana warganya belajar menciptakan peradaban maju, dan mengapa kota-kota itu akhirnya ditinggalkan.

Peradaban Sungai Indus berkembang sekitar 3000 SM dan berkembang selama sekitar 1500 tahun sebelum secara misterius memasuki periode penurunan. Kami tidak tahu apa yang orang-orang kuno tersebut menyebut kota tempat mereka tinggal, tapi  kami fokus pada 2 kota terbesar yaitu Mohenjo Daro, sebuah istilah lokal yang berarti “bukit orang mati” dan Harappa

Mohenjo Daro dan Harappa adalah kota yang yang dibangun dengan terencana dan  pola simetris. Luasnya sekitar 5 kali dari luas kota Vatikan Roma. Dinding tebal mengelilingi tembok kota. Banyak orang tinggal di rumah bata kokoh yang memiliki tiga lantai. Sumur ditemukan di seluruh kota, dan hampir setiap rumah terdapat area mandi dan sistem drainase. Sistem irigasi kanal menyediakan sumber air yang handal untuk menanam gandum dan jelai/sejenis padi-padian. Ada juga bukti bahwa orang Indus itu melakukan peternakan domba, sapi dan kambing.

Orang-orang kuno Lembah Sungai Indus memiliki pengetahuan matematika dan sistem bobot dan ukuran yang canggih. Batu bata-bahkan yang digunakan di berbagai kota-memiliki ukuran yang sama, menunjukkan bahwa kota-kota mungkin memiliki pemerintahan yang sama.

Arkeolog juga menemukan bukti alat musik, mainan dan permainan, dan tembikar. Orang-orang di lembah Sungai Indus sangat tertarik dengan kebersihan. Hal ini dengan ditemukannya bukti sisir, sabun, dan obat-obatan. Kota-kota tersebut juga mempraktikkan beberapa bentuk kedokteran gigi. Arkeolog menemukan kuburan dengan sisa-sisa orang yang giginya telah dibor.

Selain itu  Arkeolog telah menemukan perhiasan yang dibuat di Harappa. Pedagang juga menjual kain katun dan kayu keras dari pohon jati yang tumbuh di lembah.

Kota kuno di sepanjang Lembah Sungai Indus telah menampung lebih dari lima juta orang, namun peradabannya mengalami kemunduran sekitar tahun 1700 SM dan tampaknya telah ditinggalkan sekitar 1500 SM.

 

 

PENYEBAB LENYAPNYA PERADABAN INDUS

Ada beberapa teori tentang musnahnya peradaban Lembah sungai Indus ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sebuah pembantaian yang dahsyat

Ditemukannya serangkaian kurang lebih 40 kerangka tergeletak yang tersebar di jalanan dan rumah.

Kerangka manusia Mohenjo Daro

 

 

Paul Bahn seorang arkeolog berkebangsaan Inggris (2002) menggambarkan adegan tersebut:

Di sebuah ruangan dengan sumur publik di satu wilayah kota ditemukan kerangka dua orang yang tampak sangat putus asa karena telah menggunakan sisa tenaga terakhir mereka untuk merangkak menaiki tangga menuju ruangan ke jalan; sisa terjatuh dua lainnya tergeletak di dekatnya. Di tempat lain di daerah yang ‘anehnya berkerikun’ dan sisa-sisa sembilan individu tidak lengkap ditemukan, mungkin dilemparkan ke dalam lubang kasar. Di jalur antara dua rumah di daerah lain, enam kerangka lainnya diliputi longgar dengan tanah.

Banyak kerangka lainnya ditemukan di dalam lapisan puing, abu dan puing-puing, atau tergeletak di jalan-jalan dengan posisi bergelombang yang menunjukkan adanya kesakitan dari kematian dengan kekerasan.

Sisa-sisa orang-orang ini menyebabkan banyak arkeolog pada saat itu untuk menyimpulkan bahwa orang-orang ini semua meninggal karena kekerasan. Sir Mortimer Wheeler, yang digali di Mohenjo Daro pada tahun 1950an, percaya bahwa mereka adalah korban pembantaian tunggal dan menyarankan agar peradaban Indus, yang kematiannya tidak dapat dijelaskan, telah jatuh ke dalam invasi bersenjata oleh orang-orang Indo-Arya, pendatang baru yang nomaden dari barat laut, yang diperkirakan telah menetap di India selama milenium kedua SM. Wheeler mengklaim bahwa jasad itu milik orang-orang yang menentukan kota pada jam-jam terakhirnya. Dia begitu meyakinkan bahwa teori ini menjadi versi yang diterima dari nasib peradaban Indus.

Namun, banyak klaimnya saja tidak bertambah. Tidak ada bukti bahwa kerangka itu milik ‘pembela kota’ karena tidak ada senjata yang ditemukan dan kerangka tidak berisi bukti adanya luka-luka kekerasan. Beberapa arkeolog mengemukakan bahwa masuknya orang Indo-Arya terjadi setelah kemunduran peradaban Indus sementara yang lain mempertanyakan apakah invasi Indo-Aria ke benua bahkan terjadi sama sekali.

  • Banjir dan Penyakit

Sebuah teori alternatif dikemukakan bahwa kota tersebut menderita banjir luas dan orang-orang meninggal akibat penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera. Investigasi baru-baru ini mengungkapkan banyak bukti adanya banjir di Mohenjo Daro dalam bentuk banyak lapisan tanah liat berlumpur. Sungai Indus rawan untuk mengubah jalurnya dan selama berabad-abad bergerak berangsur ke timur, memimpin secara berkala untuk membanjiri batas-batas kota. Memang, platform bata besar di mana kota ini dibangun dan benteng di sekitar bagian-bagiannya tampaknya dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap banjir tersebut. Kondisi pasti ideal untuk penyebaran penyakit bawaan air, terutama kolera, meski epidemi kolera tidak bisa dibuktikan telah terjadi.

Kesimpulan yang sekarang banyak arkeolog arus utama adalah bahwa korban ‘pembantai’ dari Mohenjo Daro hanyalah korban tragedi alami penyakit fatal daripada agresi manusia. Tapi kesimpulan ini juga memiliki banyak kelemahan – mengapa sisa-sisa individu muncul dalam posisi terdistorsi, hampir membeku pada saat kematian? Mengapa mereka tampak mogok tiba-tiba? Tentunya jika mereka meninggal karena penyakit tubuh mereka pasti sudah dikuburkan dan tidak ditemukan bertebaran di sekitar kota?

  • Bukti Perang Atom?

 

Ada semakin banyak pandangan dan pendapat alternatif yang menjelaskan kondisi sisa-sisa kerangka tersebut. Salah satu individu tersebut adalah David Davenport,seorang ahli riset berkebangsaan Inggris India, yang menghabiskan 12 tahun mempelajari naskah dan bukti Hindu kuno di lokasi di mana kota besar itu pernah berdiri. Dalam bukunya “Atom Destruction in 2000 BC“. Dia mengungkapkan beberapa temuan mengejutkan: benda-benda yang ditemukan di situs tersebut tampaknya menyatu, disebabkan oleh panas setinggi 1500 ° C, dan diikuti oleh pendinginan mendadak. Di dalam kota itu sendiri tampaknya ada ‘pusat gempa’ yang luasnya sekitar 50 yard di dalamnya semuanya mengkristal, menyatu atau meleleh, dan 60 meter dari pusat batu bata dilelehkan di satu sisi menunjukkan adanya ledakan.

Gorbovsky dalam bukunya “Riddles of Ancient History” , melaporkan penemuan setidaknya satu kerangka manusia di daerah tersebut dengan tingkat radioaktivitas kira-kira 50 kali lebih besar daripada seharusnya karena radiasi alami.

Davenport mengklaim bahwa apa yang ditemukan di Mohenjo Daro berhubungan persis dengan apa yang terlihat di Nagasaki dan Hiroshima.Teori Davenport mendapat sambutan yang luar biasa dari komunitas ilmiah.

Ahli yang dikenal secara nasional William Sturm mengatakan: “pencairan batu bata di Mohenjo Daro tidak mungkin disebabkan oleh api normal”, sementara Profesor Antonio Castellani, seorang insinyur ruang angkasa di Roma mengatakan: “Mungkin saja apa yang terjadi di Mohenjo Daro bukanlah sebuah fenomena alam”.

Karena tidak ada indikasi letusan gunung berapi di Mohenjo-Daro, satu jawaban yang diajukan adalah bahwa kota kuno mungkin telah diiradiasi oleh ledakan atom . Jika benar, tidak mungkin mengabaikan kesimpulan bahwa peradaban kuno memiliki teknologi tinggi.

Jika Mohenjo Daro dihancurkan oleh bencana nuklir, siapa yang menciptakan senjata dan bagaimana? Jika tidak, lalu apa yang menghasilkan panas yang cukup untuk melelehkan batuan dan batu bata? Apa yang bisa menjelaskan tingkat tinggi jejak radioaktif dalam kerangka? Bagaimana mereka semua mati, dalam sekejap? Kami percaya inilah saatnya untuk berhenti menerima pandangan dunia yang diberikan kepada kita melalui pelajaran yang diajarkan di sekolah umum dan untuk mulai menggali sedikit lebih dalam.

 

Sumber :

Bahn, P. (2002). Ditulis dalam Bones: Bagaimana Manusia Tetap Membuka Rahasia Orang Mati London: Buku Burlington Baru.

Davenport, D. (1979). Penghancuran Atom di tahun 2000 SM Milan, Italia

Gorbovsky, A. (1966). Riddle Sejarah Kuno . Moskow: Penerbit Soviet

National Geographic, History.com, Wikipedia dan Ancient Origins

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.