Tips Sukses LULUS Tes UKAI UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA dengan hasil yang memuaskan

Tips Sukses LULUS Tes UKAI UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA dengan hasil yang memuaskan.

Pakjar.com – Baca Tips Sukses LULUS Tes UKAI UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA dengan hasil yang memuaskan, agar anda bisa maksimal dalam mengerjakan tesnya.

Pahami bagaimana cara tes ujian UKAI, ini diperlukan untuk menjamin anda bisa lulus dengan hasil nilai maksimal dan memuaskan.

Berikut ini admin bagikan informasi tentang Tips Sukses LULUS Tes UKAI UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA dengan hasil yang memuaskan :

Tentunya Anda ingin sukses UKAI Tahun Ini dan menjadi seorang apoteker? Silahkan membaca soal soal ini:

  1. Seorang perempuan berusia 55 tahun datang ke pkm dengan keluhan sering kencing, sering kecing minum sejak  sebulan yang lalu. Selain itu pasien mengeluhkan bb menurut , sering lemas, dan mengantuk saat beraktivitas. Setelah dilakukan pemeriksaan gula sewaktu pasien hasilnya dalah GDS 325 mg/dl. Dokter lalu nemberikan obat berdasarkan penyakit pasien.

PERTANYAAN :

  1. penyakit apa yg diderita pasien?
  2. Jelaskan mengenai dasar diagnosis dokter pd penyakit tersebut
  3. Jelaskan edukasi yg diberikan dokter kpd pasien tersebut

JAWAB :

  1. Penyakit yang diderita pasien yaitu Diabetes Melitus
  2. Dasar dari diagnosis dokter terhadap penyakit tersebut yaitu karena pada penderita diabetes melitus ini setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan kadar gula darah sewaktu nya yang tinggi yaitu GDS 325 mg/dl sedangkan normalnya kadar gula darah sewaktu yaitu 200 mg/dl. Selain itu, Pada pasein ini, dia juga mengeluhkan sering kencing (poliuria) dan juga sering minum (polidipsi), serta kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas, sering lelah dan mengantuk yang merupakan gejala khas dari Diabetes Melitus.
  3. Edukasi yang diberikan dokter kepada pasien:

Pasien harus meminum rutin obat agar kadar gula darah bisa terkontrol dan normal kembali. Jika tidak terkontrol maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit lain. Selain itu, menjelaskan tentang pola hidup yang sehat seperti sering berolahraga dengan rutin, menjaga pola makan serta diet rendah gula. Sering melakukan pemantauan kadar gula darah mandiri dan pengecekan di laboraturium agar tau apakah kadar gula darah sudah terkontrol atau tidak. Pasien diberikan edukasi juga harus meggunakan sendal atau sepatu ketika berjalan agar tidak mengalami luka, karena pada pasien DM jika terluka akan sulit sekali untuk sembuh. Sehingga pada pasien DM harus bisa melakukan perawatan kaki. Pasien diberikan edukasi juga tentang penanganan apabila pasien merasakan tanda-tanda penurunan gula darah seperti keringat dingin, pusing, gemetar yaitu dengan segera makan atau minum yang manis seperti biskuit, permen.

Tips Sukses PEJUANG UKAI agara LULUS UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA UKAI dengan hasil yang memuaskan

  1. Pada pasien diatas no(1) jika kadar gula tdk terkontrol akan menyebabkan gangguan pd ginjal. Jelaskan patofisiologi terjadinya gagal ginjal pada pasien tersebut.

Jawab :

Proses glukosa di dalam organ ginjal yaitu dalam keadaan normal glukosa secara bebas disaring (filtrasi) di glumerulus, dan di reabsorbsi oleh transpor aktif  di tubulus proksimalis kemudian terserap secara aktif kembali kedalam darah.

Dalam keadaan diabetes yang memiliki kadar glukosa lebih dari 180 mg, pengangkut- pengakut glukosa yang di ginjal yg membawa glukosa keluar dari urin untuk masuk kembali ke dalam darah mengalami kejenuhan disebabkan pengangkut-pengangkut tersebut tidak dapat mengangkut glukosa lebih banyak sehingga keluar melalui urin. Jika ini berlangsung secara terus menerus dpat terjadinya diabetes kronik, yang dimana dapat membebani ginjal. Karena glukosa didalam urin memiliki aktivitas osmotik, maka air akan tertahan didalam filtrat dan dieksresikan bersama glukosa dalam urin sehingga terjadi poliuria.  dengan hal ini secara terus menerus akan mengakibatkan rusaknya sistem saraf yg ada pada ginjal. Dan kerusakan ini menyebabkan tubuh tidak bisa mengosongkan kandung kemih.  Akibatnya terjadi penumpukan urin pd kandung kemih yang semakin menekan posisi ginjal, dan tekanan ini dapat menyebabkan ginjal terluka dan lama kelamaan akan terinfeksi karena semakin banyaknya kadar urin yang tertahan maka  memicu pertumbuhan bakteri yg semakin bnyak dan hal ini dapat merupakan salah satu akibat terjadinya gagal ginjal.

Tips Sukses LULUS Tes UKAI UJIAN KOMPETENSI APOTEKER INDONESIA dengan hasil yang memuaskan

  1. Sepasang suami istri hidup serumah selama 2 tahun dan belum dikarunai keturunan. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter mendiagnosa infertilitas primer.

Pertanyaan :

  1. Apa yang dimaksud dengan istilah infertilitas primer?

Jawab :

Infertilitas primer àistri belum pernah hamil walaupun bersanggama dan dihadapkan pada kemungkinan kehamilan selama 12 bulan

  1. Apa saja yang perlu dilakukan dokter sebelum dilakukan tindakan fertilisasi in vitro pada pasien?

Jawab :

  • Memahami Proses tentang prosedur IVF
  1. Pahami proses sebelum menerima in vitro fertilisasi (IVF)

Sebelum memutuskan untuk menjalani perawatan IVF, sebaiknya Anda memahami proses yang terlibat dalam IVF agar Anda dan pasangan dapat mempersiapkan diri lebih baik, jika Anda memang melakukan IVF dengan dukungan pasangan. IVF meliputi lima langkah utama: induksi ovulasi, pengambilan telur, pengambilan sperma, pembuahan, dan pemindahan embrio. Satu siklus IVF memerlukan waktu sekitar dua minggu dan Anda mungkin harus menjalani lebih dari satu siklus IVF untuk mendapatkan kehamilan. Proses menerima IVF meliputi tiga fase :

  • Fase 1: Anda akan menerima suntikan kesuburan untuk meningkatkan produksi folikel dan menghentikan ovulasi. Anda harus mengunjungi dokter beberapa kali untuk melakukan tes darah dan ultrasonografi (USG) vagina.
  • Fase 2: Setelah telur matang akan dilakukan pembedahan kecil untuk mengambilnya. Ahli embriologi akan menyiapkan telur dan menempatkannya di dalam cawan petri. Sperma kemudian dimasukkan dengan menyuntikkan satu sperma ke dalam setiap telur.
  • Fase 3: Setelah telur dibuahi, sel telur akan terus membelah diri sampai hari ke-3 atau ke-5, pada saat embrio dipindahkan. Jika diperlukan, Anda dapat meminta agar embrio diperiksa untuk mencari kecacatan seperti fibrosis sistik, distrofi otot, dan sindrom down. Anda kemudian memutuskan berapa banyak embrio yang ingin dipindahkan ke rahim, dan apakah Anda ingin embrio yang tersisa dibekukan.
  1. Ketahui risiko yang menyertai IVF

IVF merupakan prosedur mahal dan dapat menyita banyak waktu pribadi. IVF juga bisa menimbulkan stres dan menguras pikiran, apalagi jika Anda dan pasangan mengalami kesulitan untuk melakukan pembuahan dan harus menjalani beberapa siklus IVF sebelum mendapatkan kehamilan. Stres dan kecemasan bisa menjadi risiko besar selama proses IVF.

  1. Diskusikan dengan dokter mengenai biaya yang dibutuhkan untuk prosedur IVF.

Sejauh ini, IVF dikenal sebagai salah satu perawatan kesuburan paling mahal yang tersedia. Biaya yang harus Anda keluarkan tergantung pada kebutuhan pribadi, serta biaya standar di klinik atau rumah sakit yang Anda pilih. Kutipan harga untuk perawatan IVF mungkin meliputi

  • Obat kesuburan
  • Tes kesuburan awal
  • USG dan pemantauan
  • Tes Darah
  1. Carilah dukungan dari pasangan dan/atau keluarga dekat.

IVF adalah proses yang mengharuskan Anda menerima delapan sampai sepuluh suntikan sehari, menjalani berbagai tes, dan mengunjungi dokter berkali-kali. Selama perawatan IVF, carilah dukungan dari pasangan dan/atau keluarga dekat. Dibutuhkan seseorang untuk belajar menyuntik Anda dengan hormon kesuburan beberapa kali sehari, dan Anda mungkin membutuhkan bantuan saat menghadapi efek samping yang ditimbulkan suntikan-suntikan ini

  1. Bergabunglah dengan kelompok dukungan IVF

IVF bisa menjadi proses yang penuh tekanan dan Anda akan merasa terbantu jika dapat berhubungan orang lain yang mengalami stres atau kecemasan yang sama sehingga Anda dan pasangan dapat mengatasi setiap masalah yang mungkin akan Anda alami

  1. Seorang laki-laki usia 65 tahun ke poliklinik jantung dengan keluhan sering berdebar-debar, nyeri dada. Pasien mengalami suatu penyakit jantung pembuluh darah akibat gaya hidupnya yang tidak sehat yaitu merokok dan sering makan-makanan berlemak tinggi. Pertanyaan :
  2. Penyakit yang diderita pasien adalah angina pectoris
  3. Patofiosiologi penyakit tersebut
  • Dimulai karena ketidak adekuatan suplai oksigen ke sel-sel miokardium yang diakibatkan karena kekakuan arteri dan ateriosclerosis. Atherosclerosis adalah penebalan (sclerosis) dan penimbunan lipid (athere) dalam arteri koronaria sehingga secara progresif  mempersempit lumen pembuluh darah.
  • asap rokok mengandung karbonmonoksida (CO) yang mempunyai kemampuan lebih kuat daripada sel darah merah untuk mengikat oksigen, sehingga menurunkan kapasitas sel darah merah untuk membawa oksigen ke jaringan termasuk jantung sehingga dapat menyebabkab hipoksia jaringan arteri. merokok dapat menyembunyikan angina yaitu sakit di dada yang dapat memberi sinyal adanya sakit jantung.
  • Adanya endotel yang cedera mengakibatkan hilangnya produksi No (nitrat Oksida) yang berfungsi untuk menghambat berbagai zat yang reaktif. Dengan tidak adanya fungsi ini dapat menyababkan otot polos berkontraksi dan timbul spasmus coroner yang memperberat penyempitan lumen karena suplai oksigen ke miokard berkurang. Penyempitan atau blok ini belum menimbulkan gejala yang begitu Nampak bila belum mencapai 75 %.
  1. Factor resiko penyakit tersebut

Dapat Diubah (dimodifikasi)

Diet (hiperlipidemia)

Rokok

Hipertensi

Stress

Obesitas

Kurang aktifitas

Diabetes Mellitus

Pemakaian kontrasepsi oral

Tidak dapat diubah

Usia

Jenis Kelamin

Ras

Herediter

Kepribadian tipe A

 Faktor pencetus yang dapat menimbulkan serangan antara lain:

Emosi

Stress

Kerja fisik terlalu berat

Hawa terlalu panas dan lembab

Terlalu kenyang

Banyak merokok

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat

Baca Juga :

Persiapan Kelahiran Buah Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.